Mata Kuliah
: Desain Permodelan Grafik
Nama
: Farhan Eriza
NPM
: 53413238
Kelas
: 3IA21
Nama
Dosen : Syefani Rahma Deski
Jurnal 1
Pengaruh Kebudayaan
dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafis
Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan merupakan
sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan sebagai
sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya
dibidang desain grafis dapat dilihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti
batik.
Pengaruh Teknologi
Teknologi komputer
mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus.
Teknologi komputer mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis.
Perubahan telah terjadi seiring berkembangnya teknologi komputer. Sangat jarang
kita temui iklan dengan gambar outline dan background dengan satu warna primer
seperti pada iklan tahun 1960-an. Majalah kini menjadi lebih berwarna dengan
model, warna dan komposisi.
Bidang studi yang
berkaitan dengan desain pemodelan grafis
Psikologi
Psikologi adalah
sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai
perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para psikolog berusaha
mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain
juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari
perilaku. Psikologi ini berkaitan dengan desain grafis contohnya dalam bidang
Psikologi warna.
Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih
pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data
antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan
lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari
alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi
antara manusia dengan komputer melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa alami’, suatu bahasa barbasis
perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis.
Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti bahasa komputasi
dan bahasa teori formal ilmu komputer yang digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog antara manusia dengan komputer.
Sosiologi
Sosiologi
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia dengan komputer pada
struktur lingkungannya.
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan
teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara
mengenai perangkat keras, tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, perangkat lunak juga berkaitan dengan
sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan
bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi manusia dengan
komputer.
Manfaat Desain
Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Pendidikan
Grafik komputer digunakan
untuk mempresentasikan objek secara nyata yang dapat disampaikan melalui
aplikasi PowerPoint ataupun software lainnya. Dengan menggunakan bentuk objek
seperti ini, manusia dapat menerima semua materi dengan lebi baik, tidak hanya
teori tetapi juga melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang, ruang, grafik ,gambar kerangka manusia, susunan tubuh
manusia dan lain-lain.
Hiburan
Semua acara hiburan di
televisi banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan dan
acara sinetron juga disisipkan grafik komputer. Grafik komputer dapat berupa
efek animasi yang dapat membuat media hiburan semakin menarik.
Perancangan
Grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya
untuk mendesain arsitektur bangunan, kendaraan dan lainnya. Menggunakan
software desain grafis seperti AutoCad akan mempermudah pekerjaan dan memberi
kesan lebih spesifik dalam perancangan yang dibuat serta memperkecil tingkat
kesalahan sehingga dapat menghasilkan model yang mirip seperti asli.
Budaya
Desain pemodelan
grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti dalam budaya. Pahatan
batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik merupakan desain
grafis. Desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran
sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
Teknologi
Desain grafis terkait
dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain
yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan
masyarakat secara keseluruhan, yang tercermin dalam bentuk desain. Teknologi
juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Jurnal 2
Pengaruh Kebudayaan
dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafik
Ada sebuah pengaruh
terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis.
Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikiran utnuk mengembangkan suatu desain
grafis. Banyak budaya yang digunakan sebagai desain grafis, contohnya adalah kerajinan
kain daerah, keramik dan lain-lain.
Kerajinan kain daerah
merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang indah untuk dijadikan
sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis, contoh
perealisasiannya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi pun turut andil
dalam perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi
maka semakin mudah untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang
cepat dan dapat menghasilkan lebih banyak desain grafis sehingga lebih
mengefisienkan segalanya.
Desain Pemodelan
Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang
terkait dengan grafik komputer :
1. Pemodelan geometris yaitu menciptakan model
matematika dari objek 2D dan 3D
2. Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih
solid dari model yang telah dibentuk
3. Animasi yaitu menampilkan tingkah laku objek
bergantung waktu
4. Kerangka Grafik Komputer
5. Graphic library seperti OpenGL adalah
perantara aplikasi dan display hardware
6. Application program memetakan objek aplikasi
ke citra dengan memanggil graphics library
7. Hasil dari interaksi user menghasilkan dan
memodifikasi citra
8. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa,
desain, manufaktur, visualisasi dan lain-lain
Pengaruh lain dari
kebudayaan dan teknologi desain pemodelan grafis yang lainnya adalah
pengiklanan. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya,
sub-budaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar
dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai
dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota
masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Setiap kebudayaan
terdiri dari kumpulan sub-budaya yang memberikan identifikasi dan sosialisasi
yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi
empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras dan area
geografis. Banyak sub-budaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering
kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan
konsumen.
Analyst
URL:
Penjelasan secara
singkat dari 2 jurnal tersebut :
Kedua jurnal membahas
pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam dunia grafis. Dunia terus berkembang
dan desain grafis sangat penting.
Kesimpulan:
Pemodelan grafik pada
jaman sekarang sangat berguna diberbagai sekte , dari perfilman , budaya,
hingga advertising.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar